Jumat, 06 Mei 2016

Tips Menjalin Komunikasi Dalam Perkawinan

Dalam kehidupan pernikahan komunikasi mempunyai peranan yang penting karena dengan berkomunikasi kita dapat mengetahui apa yang pasangan inginkan dan apa yang tidak disukai oleh pasangan. Berikut tips agar komunikasi dapat berjalan dengan baik.
Mencari waktu untuk melakukan pembicaraan
Kita semua memiliki jadwal sehari-hari yang padat. Para pasangan baru biasanya harus belajar dan bekerja dan yang lainya memiliki anak dan kegiatan lainnya. Saling pengertian dan sabar adalah sangat penting agar hal ini dapat bekerja.
Pertimbangkan perasaan pasangan
Karakteristik dari pertemanan yang baik adalah kemampuan untuk memposisikan diri kita di dalam situasi. Karakteristik ini adalah yang pertama dan utama dalam keberhasilan pernikahan. Setiap hari kita mengetahui pasangan kita dengan lebih baik. Sejatinya, kita berasal dari keluarga yang berbeda-beda sehingga kita memiliki pengalaman yang berbeda pula, nilai-nilai dan pengharapanlah yang membedakan kita. Alih-alih menjadi marah ketika pasangan Anda tidak memahami apa yang Anda maksudkan atau memahami dengan segera keinginan Anda, cobalah untuk memahami mengapa dia berpikir/bertindak seperti itu, dan pertimbangkan pengalamannya sebelum dia menikah.
Singkirkan gangguan
Ketika memulai pembicaraan, sangat penting bahwa perhatian Anda tidak terbagi dengan orang lain dan benar-benar menunjukkan pentingnya komunikasi di dalam pernikahan Anda. Matikan semua gangguan seperti TV, komputer dan telephone genggam. Belajarlah untuk mendengarkan. Dunia menunjukkan kepada kita bahwa seseorang dengan kemampuan komunikasi yang baik berasal dari menjadi seorang pembicara yang baik. Di dalam kenyataannya, seseorang dengan kemampuan komunikasi yang baik adalah seseorang lebih banyak mendengarkan daripada banyak bicara. Mendengarkan lebih dari sekedar menjauhi gangguan, ini sebenarnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa yang orang lain sedang sampaikan.
Mencari solusinya bersama-sama
Agar supaya pernikah bisa berjalan, kita perlu untuk menjadi fleksibel. Ada banyak hal yang bisa kita berikan dan terima dan korbankan demi untuk mencapai kesepakatan bersama. Setelah pembicaraan, Anda berdua perlu untuk menyetujui kesepakatan Anda dan mempertahankannya, tapi yang terpenting adalah, Anda perlu melakukan bagian Anda. Bersungguh-sunggulah dan setialah terhadap persetujuan Anda atau akan ada pembicaraan lain dengan masalah yang sama.
Mengambil keuntungan disaat kebersamaan Anda
Di dalam pernikahan, keberhasilan Anda dalam pembicaraan terjadi ketika Anda merasa nyaman saat bersama. Ini mencangkup ketika Anda merasa mampu untuk menjadi siapa diri Anda sebenarnya, merasa rileks, menikmati saat kebersamaan, pergi berkencan secara alami untuk kesenangan bersama, dan menjaga api cinta tetap menyala yang telah Anda bangun dengan kasih. Pada akhirnya, kita dilahirkan untuk menjadi bahagia.
Salam cincin nikah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar