Sabtu, 19 September 2015

Harga Berlian

Harga berlian ditentukan oleh 4C (Clear, Clarity, Cutting, Carat) dan rangka berlian itu sendiri. Semakin sempurna 4C dan rangka berlian, maka akan semakin mahal harga berlian tersebut.
Berikut ini perkiraan harga berlian yang dimuat di situs penjual perhiasan Orori. Daftar harga berlian dibuat dengan kategori sesuai clear, clarity, cutting dan carat berlian tersebut:
Clarity
Ada institusi yang memberikan sertifikat atas kejernihan atau clarity berlian ini. Institus tersebut adalah The Gemological Institute of America (GIA). Berikut skala kejernihan berlian berdasarkan ukuran GIA:
1. Flawles (tanpa noda)
2. Internal Flawless
3. VVS1
4. VVS2
5. VS1
6. VS2
Menurut situs Orori, untuk berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS1 dan color H, dijual dengan harga Rp 69,5 jutaan. Sedangkan berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS2 dan color H, dijual seharga Rp 101,2 jutaan. Terlihat perbedaan harga berdasarkan kejernihan begitu jauh.
Color
Sama seperti clarity, untuk menunjukkan kualitas, warna berlian juga memiliki skala. Semakin besar nilai skala warna, semakin rendah harganya. Tingkat warna berlian yang dikembangkan oleh GIA adalah pada kisaran puth (colorless) sampai kuning, yakni D-F colorless (white); G-J hampir tidak berwarna; K-M kekuning-kuningan; N-R kuning sagat terang; S-Z kuning terang.
Di situs Orori, untuk berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS1 dan warna J, dijual dengan harga Rp 86 jutaan. Sedangkan, berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS1 dan warna F, bisa didapat seharga 127 jutaan.
Cut
Kesempurnaan cutting atau potongan berlian akan menentukan pantulan sinar dari berlian tersebut. Potongan berlian ini sangat menentukan harga berlian. Skala cut yang dibuat oleh GIA adalah: fair, good, very good, ideal dan signature ideal.
Menurut situs Orori, untuk berlian satu karat dengan skala kejernihan VS1 warna H dan potongan fair, dijual dengan harga Rp 52 jutaan. Sedangkan, berlian satu karat dengan skala kejernihan VS1, warna I dan potongan signature ideal, bisa didapat seharga 91,2 jutaan.
Carat
Berlian dijual berdasarkan berat, bukan volume. Berat berlian ini disebut karat. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Berlian dengan ukuran karat-karat lebih besar tidak selau berarti lebih baik. Dengan kualitas yang lebih tinggi (dilihat dari cut, clarity dan color), berlian yang lebih kecil mungkin lebih bernilai daripada berlian yang lebih besar tapi kualitasya rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar