Selasa, 25 Agustus 2015

Perbedaan Emas Putih Dengan Emas Kuning

Emas murni umumnya disebut emas 24 Karat atau 99,99%. Ini berarti tidak ada campuran logam lain. Tetapi emas murni lunak dan mudah berubah bentuk jk dijadikan perhiasan utk dipakai sehari-hari. Jd alasan utama mengapa emas murni perlu dicampur dengan logam lainnya adalah: agar emas jd lebih keras. Emas 75% atau dengan cap 750, berarti kandungan emas murninya 75% sedangkan sisanya 25% adalah logam lain, misalnya : perak atau tembaga.
Warna emas dapat diatur sesuai dengan keinginan dgn mencampurkan sejumlah logam lain ke dalamnya. Dgn menambahkan tembaga, emas bs jd kemerah-merahan; penambahan perak akan memberi kesan kehijau-hijauan pd warna emas, sedangkan penambahan palladium atau nikel akan menghasilkan emas dengan warna putih.

Lalu apakah perbedaan emas kuning dengan emas putih?

Emas putih memang trendi belakangan ini, tetapi apa yg tidak disadari oleh para pembeli perhiasan emas adalah : Sesungguhnya tidak ada logam yang namanya "Emas Putih". Kenyataannya bahwa hampir semua logam yang ada di alam warnanya adalah ke-abu-abuan, kecuali emas dan tembaga. Alloy atau bahan logam untuk mencampur emas terbuat dari campuran antara beberapa jenis logam yang berlainan yang diperlukan untuk memberikan efek warna yang diinginkan bahkan efek metalik.

Baja misalnya, merupakan kombinasi antara besi, nikel dan elemen metalik lainnya. Begitu pula emas putih juga merupakan campuran antara emas (yang tentu saja berwarna kuning) dgn jenis logam yg lebih putih seperti : palladium nikel dan unsur metalik lainnya. Sehingga walaupun disebut "Emas Putih", akan tetapi krn terdapatnya kandungan emas murni dlm campuran tsb, hasil yg didapatkan tetap akan tampak putih kekuning-kuningan.

Emas putih adalah campuran emas murni dgn logam yg lebih putih, antara lain : nikel, perak atau palladium. Jadi emas putih kadar emasnya bisa saja: 75%, 70%, 50% atau bahkan mungkin dibawah 40%, tetapi tidak ada emas putih yang kadarnya 99%. Pada umumnya perhiasan emas putih di Indonesia kadar emasnya 75%, 70%, atau 42%. Emas putih dgn kadar 75%, artinya kandungan emas murninya adalah 75%, sedangkan sisanya yg 25% adalah campuran nikel, perak dan paladium.


salam cincin pernikahan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar