Senin, 22 Juni 2015

Mutiara

Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi oleh kerang (kerang mutiara), Mutiara terdiri dari kalsium karbonat yang telah di simpan dalam lapisan-lapisan konsentris, mutiara telah menjadi batu permata satu dari perhiasan yang termahal. Bahkan hingga hari ini mutiara masih memiliki nilai jual tinggi sebagai perhiasan murni dari alam yang sangat sulit didapatkan yang membuatnya berharga sebagai perhiasan.
Bentuk ideal mutiara seharusnya bundar sempurna. Namun demikian, bentuk mutiara yang tidak bundar sempurna dapat mengurangi nilai jual mutiara tersebut dan pada beberapa kasus, bentuk yang tidak sempurna itu justru memberikan sentuhan unik dalam pembentukan perhiasan. Kebanyakan bentuknya adalah oval, seperti air mata atau seperti bentuk kancing. Faktor lain yang mempengaruhi nilai sebuah mutiara adalah warnanya, permukaannya dan kilauannya. Idealnya, mutiara yang sempurna akan berwarna putih keperakan, dapat memantulkan cahaya dan permukaannya tidak memiliki kecacatan. Meski begitu, warna adalah pilihan kesukaan masing-masing orang, dan mutiara datang dengan variasi warna baik pada mutiara yang alami maupun yang diproses sintetis.
Hal-hal yang harus diperhatikan ntuk membedakan mutiara asli dengan yang palsu:
1. Mutiara asli memiliki sinar dari dalam dan pemukaan yang alami yang membuat mutiara itu terlihat bening, sedangkan mutiara yang palsu memiliki permukaan yang merata dan bisa di lihat permukaannya seperti semprotan pewarna. Yang lebih penting lagi, mutiara asli itu tidak mudah tergores karena terbuat dari kalsium sedangkan yang palsu sangatlah mudah.
2. Anda bisa menguji keaslian mutiara dengan cara meletakan nya di antara dua gigi anda (di gigit), apabila terasa kesat (tidak merata) seperti pasir maka itu mutiara asli. Sedangkan apabila terasa licin(merata) berarti itu bukan mutiara.
3. Anda juga bisa mengujinya dengan menggunakan aseton (pembersih kuku) dengan cara meneteskannya ke permukaan mutiara, jika mutiara tersebut setelah diteteskan semakin bersih, maka itu mutiara asli dan sebaliknya jika setelah diteteskan mutiara itu menjadi buram atau luntur maka itu bukan mutiara. dan juga mutiara itu keasliannya bisa di lihat dari harga dan beratnya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar