Kamis, 25 Juni 2015

Amalan Di Bulan Ramadhan

Dalam menjalankan ibadah puasa biasanya akan dibarengi dengan amalan ibadah sunnah sehingga pada akhir bulan kita dapat merasakan hari kemenangan Idul Fitri dengan sukacita. Amalan sunnah tersebut adalah sebagai berikut :

Membaca Al qur'an pada bulan ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan. Bahkan tidak hanya mendengar atau membaca meskipun masih terbata bata  membaca Al -Qur'an kita akan mendapatkan pahala diluar maupun di dalam bulan ramadhan.

Bersedekah di bulan ramadhan juga akan menyempurnakan ibadah puasa kita yang diriwayatkan hadis berikut :

Rasullah ditanya: “sedekah manakah yang paling utama? beliau menjawab: Sedekah di Bulan Ramadhan.” (H.R. Turmudzi).


Karena itu marilah kita perbanyak sedekah di bulan ramadhan, apalagi dibulan ramdhan Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi kita.


Ibadah shalat terawih juga merupakan ibadah sunnah yang akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda meskipun shlat terawih bukan termasuk ibadah wajib tapi sunnah muakad .

Shalat tarawih ini juga dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw:


“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan puasa Ramadhan dan aku telah mensunatkan qiyamnya (shalat di malam harinya). karena itu, barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat dimalah harinya karena iman dan mengharap pahala serta ridha Allah, maka keluarlah dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya” (H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Kemudian sholat witir yang merupakan bagian dari kelengkapan sholat terawih sebagai penyempurna. 

Ali r.a. berkata, bahwasannya Nabi saw. pernah bersabda: “barang siapa tidak mengerjalan (shalat) witir, maka bukan dari golonganku.” (H.R. Ahmad).


Selanjutnya adalah itikaf yaitu berdiam diri di masjid dengan niat itikaf ibadah ini biasanya dilakukan pada 10 hari terakhir ramadhan dan malam malam ganjil yang terdapat lailatul qadar.


Semoga Allah SWT melimpahkan Rahmat-Nya dan Ampunan-Nya kepada kita. Aamiin.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar