Senin, 25 April 2016

Peranan Istri Sholehah

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, keharmonisan antar anggota keluarga harus selalu dijaga terutama keharmonisan antara istri dengan suami. Sikap serasi yang ditunjukkan oleh suami dan istri akan memberi contoh yang baik kepada anak-anaknya.
Sebisa mungkin buat selalu membicarakan masalah yang timbul dengan cara yang bersifat kekeluargaan. Di sinilah istri sholehah berperan buat mendamaikan pihak yang berselisih dan terus mendampingi sampai masalah terselesaikan.Selain itu, istri sholehah juga harus mampu menciptakan suasana teduh dan ketenangan berpikir bagi suaminya.
Hal ini sesuai dengan firman Allah swt. pada Al-Quran Surat Ar-Rum.Firman ini berbunyi, ”Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan buat diri kamu dari jenis kamu sendiri agar kamu bisa memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir” (Q.S. Ar Rum: 21).
Istri sholehah akan menjadi keberuntungan bagi suaminya sebab istri akan berperan sebagai pemelihara akidah dan ibadah suaminya. Istri nan salehah ini sebenarnya diciptakan buat suami nan juga saleh. Untuk itu, para suami tak boleh menuntut istrinya buat menjadi sholehah jika dirinya sendiri tak saleh. Baik istri maupun suami harus terus memperbaiki sikapnya sinkron dengan ketentuan yang telah disyariatkan oleh agama.
Untuk menjadi istri sholehah bukanlah suatu pilihan yang sulit. Jika seorang wanita paham akan perannya di dunia, niscaya dalam dirinya akan ada dorongan buat menjadi sosok seperti itu. Apalagi jika dirinya menginginkan kehidupan surga di akhirat nanti, niscaya dengan ikhlas akan menjalani peranannya sebagai seorang istri dengan baik. Dengan perannya ini, sang suami juga akan ikut ditempatkan di dalam surga sebab dijembatani oleh sang istri sholehah.
salam cincin nikah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar