Rabu, 18 November 2015

Cara Mengetahui Batu Mata Kucing Yang Asli

Batu akik mata kucing memiliki ciri khas yang sangat unik, yaitu pada permukaan batu memilki berkas sinar seperti mata kucing. Jika permukaan batu kita jatuhkan berkas sinar, maka efek mata kucingnya begitu mempesona, tampak seperti bergerak-gerak.
Karena keindahan dan kecantikan batu akik mata kucing ini, maka tak heran jika di pasaran banyak kita temukan beragam jenis batu akik mata kucing yang palsu.


Berikut ini cara mengetahui batu mata kucing yang asli dengan yang palsu.
  1. Lihat pola mata kucingnya karena  efek mata kucing merupakan ciri utama dari jenis batu akik ini, maka perhatikan terlebih dahulu motifnya. Bedakan dengan jelas mana yang merupakan jenis mata kucing asli. Biasanya efek mata kucing yang asli jika kita taruh di tempat yang lebih gelap atau remang-remang maka efek mata kucingnya jauh terlihat lebih jelas di bandingkan dengan yang palsu.
  2. Lihat serat inklusinya, pada batu akik mata kucing asli, serat inklusi ini terlihat begitu alami dan natural. Jika kita masih bingung untuk melihatnya mana yang asli dan bukan, kita bisa meminta bantuan teman yang telah lama malang melintang di dunia perbatuan.
  3. Uji laboratorium, tentu untuk membedakan batu mulia atau batu akik yang asli dan yang palsu. Cara terbaik adalah dengan uji laboratorium atau anda bisa juga membeli batu akik mata kucing yang telah disertai sertifikat uji labnya walaupun mungkin ini lebih mahal, tapi lebih menentramkan kita.
Demikian ulasan tentang cara membedakan batu mata kucing asli dengan yang palsu. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar