Selasa, 15 Desember 2015

Tips Merawat Batu Black Opal

Anda mengkoleksi batu black opal. Berikut ini tips cara merawat batu black opal :






  1. Siapkan botol kaca bening lalu masukkan black opal yang belum jadi kedalamnya. Campurkan dengan air hujan hingga keseluruhan batu terendam kemudian tutup rapat-rapat. Jika cuaca sedang kemarau sehingga tidak memungkinkan untuk mendapatkan air hujan, maka alternatifnya bisa menggunakan air kelapa atau bahan cair yang mengandung isotonik.
  2. Lakukan penjemuran selama kurang lebih 2 atau 3 jam. Waktu paling ideal adalah saat hari tengah terik yaitu antara pukul 12.00 hingga pukul 14.00.
  3. Tahap selanjutnya adalah tahap pendinginan dengan cara menempatkan batu ditempat yang sejuk, terlindung dari cahaya dan cenderung gelap. Misalnya di letakkan di dalam kamar, di kolong meja atau di kolong tempat tidur.
  4. Setiap seminggu sekali batu diangkat kemudian di bersihkan lalu coba untuk digosok untuk melihat apakah ada tanda-tanda kemunculan kembang jarongnya. Gunakan serbuk intan atau amplas super halus. Lakukan dengan hati-hati mengingat batu ini cukup rentan untuk hancur atau retak.
  5. Jika belum terlihat maka lakukan lagi proses penjemuran (nomer 2), pendinginan (nomer 3) dan tahap pembersihan dan penggosokkan (nomer 4) hingga muncul bibit warna pada black opal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar